December 22, 2009

Avatar



Storyline :
1 Movie lagi dengan durasi kurang lebih 2 ½ jam. Konsep story tentang manusia dengan alien sebenarnya sudah sering di tahun 2009 ini [Race to Witch Mountain, Star Trek, Aliens In the Attic, District 9, Planet 51, etc]. Tapi menurut gw semua movie itu lewat, ga bakal bisa nandingin nih Avatar. Romance-nya dapat, sad story-nya benar-benar bikin miris, war outstanding banget, dan masih banyak lagi scene yang dikemas dengan baik selama 2 ½ jam tersebut.
Tapi masih ada beberapa yang kurang jelas menurut gw, seperti saudara kembarnya Jake, mineral yang diburu oleh manusia itu kenapa bisa mahal sekali?? $ 200 Miliar/kg ?? dan mungkin masih ada lagi kalau mau dicari.

Cast :
Untuk cast human, menurut gw biasa saja karena tidak banyak scene yang menunjukkan bagaimana emosi mereka. Tapi untuk para cast Na'vi, bener-bener gw acungin jempol! Mereka menunjukkan bagaimana emosi, bahasa, dan kelakuan yang berbeda dari manusia. Gw baca-baca dari source lain, mereka diajak James Cameron sang direktur ke Hawaii untuk menjelajahi hutan disana selama beberapa hari. Mereka benar-benar hidup seperti orang pedalaman [membuat api unggun, makan ikan, dll]. Pantas saja mereka bisa mendapatkan sense bagaimana hidup dan bergerak bebas disana.

Graphic & Sound :
Dari source lain, movie ini 40 % live action 60% photo-realistic CGI. Tidak terlihat contrast antara manusia dengan Na'vi & graphic sekitarnya, benar-benar graphic yang luar biasa. Pemandangan alam seperti hutan di malam hari, air terjun, gunung terapung, etc~ just wanna say one word: Beautiful~!! Desain-desain hewan di planet Pandora juga membuat gw berdecak kagum, terutama Toruk Macto yang legendaris.
Sound yang paling mantap saat manusia menyerang pohon besar tempat tinggal para Na'vi. Ketika misil menghantam terus secara bertubi-tubi, ledakan-nya akan terdengar terus dan membuat gw merinding dan ikut terbawa emosi, PLEASE STOP IT!! Dan akhirnya pun pohon tumbang dengan suara yang mengenaskan juga. Untuk sound yang lain seperti hewan dibuat secara unik, beda dari yang biasa. Insert song-nya juga pas dengan scene yang ada & yang pasti ending song-nya juga bagus, "I See You" by Leona Lewis.

Action :
Joke ga terlalu banyak, tipe nyela kata-kata orang. Romance antara Jake dan Neytiri hanya beberapa kali saja ditampilkan, tapi menurut gw akan menjadi kisah yang memorial antara manusia dengan makhluk asing. Ditambah lagi dengan adanya quote yang hanya beberapa kata saja, tapi memiliki makna yang sangat dalam: "I see you". Emosi yang ditampilkan oleh para Na'vi ketika mereka diserang oleh manusia juga bikin miris ngelihatnya, benar-benar menyedihkan dan bikin sakit hati. Perang juga penuh strategi dan outstanding banget, technology v.s. nature.
Gw paling suka dengan scene Jake mencari Teronyu untuk menjadi hunter. Dia harus pergi ke gunung terapung dan membuat "ikatan" dengan Teronyu kalau ingin menjadi hunter. "Teronyu yang ingin membunuh dirimu adalah Teronyu yang akan sehati dengan dirimu". Wow~ benar-benar konsep yang luar biasa menurut gw.
Tapi sayang, kenapa scene Jake mau membuat "ikatan" dengan Toruk Macto malah ga dilihatin, tiba-tiba bisa dapat gitu aja. Kemudian scene fighting antara Jake dengan colonel Miles yang menggunakan robot benar-benar diluar logic, bisa-bisanya serangan robot besar ditangkis dan ditahan begitu saja oleh Jake hanya dengan menggunakan pisau besar.

Values :
Movie ini menunjukkan berbagai macam keburukkan manusia seperti maruk, ingin menjadi penguasa, dan merasa paling hebat.
Jake Sully, ex-marinir yang lumpuh dan tidak punya banyak pengalaman diremehkan oleh banyak orang. Tapi dia yang membawa perdamaian di planet Pandora.
Segala sesuatu ada harga yang harus dibayar untuk memperolehnya. Jake berjuang untuk bisa menjadi hunter dan mendapatkan kepercayaan dari para Na'vi.
Jangan terlalu cepat untuk men-judge kalau belum tahu hal yang sebenarnya. Jake langsung dianggap sebagai pengkhianat ketika manusia menghancurkan pohon arwah.
Masih banyak lagi value yang bisa diambil dari movie ini dan itu merupakan dasar dalam kehidupan bersama.

Overall :
Mungkin movie ini akan masuk dalam 10 besar movie yang paling laris di dunia. Bukan karena hanya menyandang nama sang direktur, James Cameron yang telah membuat movie no.1 terlaris di dunia: "Titanic", tetapi karena memang movie ini benar-benar mantap di setiap aspeknya. Benar-benar movie yang sangat memuaskan untuk ditonton di akhir tahun 2009 ini.

Point : 9 / 10

3 comments:

  1. nice review ton...
    lengkap bangettt...

    emang bagus banget ni film...
    banyak value2nya...

    kesombongan manusia diungkapkan lewat perkataan "Kalau mau belajar, kosongkan dulu gelasmu"

    ada lagi statement2 yang gw catet, wkt lagi nonton:
    - Semua energi ini hanya pinjaman (that's good value, smua yg kita miliki hanya pinjaman, bukan milik kita sendiri)
    - Yang keliatan berbahaya justru akan menjadi sesuatu yang menolong
    - Kehidupan yang kedua adalah untuk selamanya

    mantap gan!

    ReplyDelete
  2. Keren ko Anton reviewnya ^^. Sungguh detail penjelasannya.

    ReplyDelete
  3. @ derwin
    wow~ sep2.. mantap statement nya win.. ^^

    @rinardi
    haha~ thx u~ XD~

    ReplyDelete